Program Doktor Pendidikan Bahasa Dorong Internasionalisasi Karya Ilmiah Lewat Edukasi Publikasi Jurnal Bereputasi
Komitmen Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam mendorong kualitas akademik mahasiswa kembali ditunjukkan melalui kegiatan bertajuk Edukasi Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi, yang diselenggarakan oleh Program Studi S-3 Pendidikan Bahasa, Pascasarjana UNM, pada Selasa, 29 Juli 2025.
Bertempat di Ruang Sidang 302, Gedung AD Pascasarjana UNM, kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WITA ini menghadirkan Dr. Andi Asrifan, M.Pd. sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, Dr. Asrifan membagikan strategi dan pengalaman dalam menembus jurnal-jurnal ilmiah bereputasi, serta membedah tantangan yang kerap dihadapi mahasiswa dalam proses publikasi.
“Menulis untuk jurnal internasional tidak hanya menuntut kemampuan bahasa, tetapi juga cara berpikir ilmiah yang tajam, sistematis, dan relevan dengan isu global,” ujarnya. Ia menekankan pentingnya mengangkat tema-tema lokal yang dikemas dengan pendekatan teoritik dan metodologis yang kuat, agar dapat bersaing di kancah internasional.
Acara ini dibuka oleh Ketua Program Studi S-3 Pendidikan Bahasa, Prof. Dr. Mantasiah R., M.Hum, yang dalam sambutannya menegaskan bahwa publikasi ilmiah bereputasi bukan sekadar kewajiban akademik, tetapi juga bagian dari kontribusi intelektual terhadap dunia keilmuan global.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Dr. Wahira, M.Pd., selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana UNM, dan Prof. Dr. Romansyah S., M.Si., Koordinator Publikasi dan Kerja Sama. Keduanya menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif kegiatan ini serta menggarisbawahi pentingnya menciptakan budaya publikasi di lingkungan pascasarjana.
“UNM mendorong terciptanya ekosistem akademik yang aktif, reflektif, dan produktif. Kegiatan seperti ini menjadi ruang strategis untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi tantangan akademik global,” ungkap Prof. Wahira.
Sementara itu, Prof. Romansyah menambahkan bahwa dukungan kelembagaan dalam bentuk pelatihan, kolaborasi penulisan, dan pendampingan publikasi akan terus diperkuat, sejalan dengan target peningkatan kontribusi UNM dalam literatur akademik internasional.
Dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Program Studi S-3 Pendidikan Bahasa, kegiatan ini berlangsung dinamis dan interaktif. Peserta diberikan ruang untuk berdiskusi, bertanya, dan mengevaluasi naskah-naskah yang tengah mereka susun sebagai bagian dari proses publikasi.
Melalui kegiatan ini, Pascasarjana UNM tidak hanya membekali mahasiswanya dengan keterampilan teknis, tetapi juga menanamkan semangat dan visi keilmuan yang berpijak pada mutu, relevansi, dan kebermanfaatan. Edukasi publikasi ini menjadi langkah konkret menuju internasionalisasi perguruan tinggi berbasis karya ilmiah unggul.