Seminar Nasional Pendidikan IPA: Kolaborasi 3 Institusi dalam membangun Generasi Unggul melalui Deep Learning Berbasis SDGs
Makassar, Kamis 16 Oktober 2025. Transformasi pendidikan IPA menjadi pilar utama dalam mencetak generasi muda yang tidak hanya adaptif terhadap kemajuan teknologi, tetapi juga bertanggung jawab terhadap keberlanjutan global. Menyadari urgensi ini, Program Studi S2 Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar, berkolaborasi dengan Universitas PGRI Semarang dan Universitas Pakuan dengan bangga menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan IPA. Kolaborasi akademik bergengsi dari 3 Institusi mengangkat Tema: Membangun Generasi Berdaya Saing Global, Deep Learning pada Pembelajaran IPA Berbasis SDGs.
Prof. Dr. Sapto Haryoko, M.Pd selaku direktur Program Pascasarja UNM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kolaborasi antara tiga institusi merupakan langkah strategis dalam membangun generasi unggul yang adaptif terhadap perkembangan zaman, terutama di era digital sekarang ini, beliau berharap kolaborasi ini dapat dikembangkan lagi pada bentuk kerjasama lainnya. Prof. Dr. Sri Setyaningsi, M.Si. selaku Dekan Sekolah Pascasarjana UNPAK dan Prof. Dr. Hardjito, M.Hum selaku Direktur Pascasarjana UPGRIS juga menyampaikan hal serupa dan menyambut baik seminar ini dan juga mengharapkan kerjasama antara tiga institusi ini dapat berlanjut dengan baik.
Seminar ini dihadiri oleh 267 peserta yang antusias untuk mendalami bagaimana deep learning, sebuah strategi pedagogis yang mengacu pada pemahaman mendalam, refleksi, dan internalisasi. Deep learning ini dicapai melalui tiga elemen utama: Meaningful(pemaknaan), Mindful (kesadaran), dan Joyful (kegembiraan). Penerapan deep learning ini signifikan dalam meningkatkan pemahaman konseptual, mengembangkan keterampilan proses esensial, serta mengasah keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks. Lebih lanjut, seminar ini secara khusus menyoroti relevansi deep learning dalam konteks tujuan pembangunan berkelanjutan. Pendidikan memegang peranan krusial dalam mencapai tujuan-tujuan ini, khususnya SDG 4 yang berfokus pada pendidikan berkualitas dan merata. Integrasi deep learning dan SDGs dalam kurikulum IPA tidak hanya dengan kompetensi akademik, tetapi juga dengan kesadaran dan kemampuan untuk menjadi masyarakat yang aktif dan terinformasi dalam isu-isu keberlanjutan. Seminar ini menghadirkan para pakar terkemuka di bidang Pendidikan IPA:
Kolaborasi antara ketiga institusi ini menunjukkan komitmen kuat terhadap pengembangan pendidikan IPA yang relevan dan berkelanjutan. Seminar ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, guru, dan mahasiswa untuk berbagi wawasan, best practice, serta merumuskan strategi konkret dalam mengimplementasikan deep learning berbasis SDGs guna membentuk generasi penerus yang berdaya saing global dengan keterampilan esensial Abad ke-21.