Program Studi S3 Pendidikan Matematika Gelar Konferensi Internasional ICOESM ke-5 Tahun 2025
Program Studi S3 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Makassar sukses menyelenggarakan The 5th International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICOESM 2025) yang berlangsung selama dua hari, 25–26 Juni 2025, secara hybrid. Konferensi ini mengangkat tema “The Issues of Mathematics Education and Its Applications: Understanding Trends, Challenges, and Opportunities in the Future.”
Ketua Program Studi S3 Pendidikan Matematika, Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed., menyampaikan bahwa ICOESM 2025 menjadi momentum penting bagi sivitas akademika, peneliti, dan praktisi pendidikan matematika untuk mendiskusikan isu-isu mutakhir serta berbagi inovasi dalam pembelajaran dan penelitian matematika. Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen prodi dalam mendukung pengembangan keilmuan berbasis riset dan publikasi internasional.
“Melalui ICOESM, kami mendorong kolaborasi global dan peningkatan kualitas publikasi ilmiah yang akan membawa kontribusi nyata dalam pendidikan matematika di era digital,” ujar Prof. Hamzah dalam sambutannya.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Karta Jayadi, M.Sn., dan menghadirkan pembicara dari berbagai negara, antara lain Dr. R.D. (Rogier) Bos dari Utrecht University (Belanda), Assoc. Prof. Toh Tim Lam dari Nanyang Technological University (Singapura), Dr. Bustang dari UNM (Indonesia), Muhammad Nasiru Hassan, Ph.D. dari Sokoto State University (Nigeria), serta Assoc. Prof. Dr. Sharifah Osman dari Universiti Teknologi Malaysia.
Topik-topik yang dibahas mencakup kebijaksanaan lokal dalam pendidikan matematika, pendekatan inovatif dalam pembelajaran, teknologi dan STEM dalam pendidikan matematika, serta asesmen dan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
ICOESM 2025 juga bekerja sama dengan berbagai mitra publikasi seperti Barekeng (Scopus Q4), Mosharafa, Element, JIPM, JPMR, Jaya Stematika, dan Venn, untuk memfasilitasi diseminasi hasil-hasil penelitian peserta dalam jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.